Cara Alami Mengecilkan Perut

Cara Alami Mengecilkan Perut dengan Diet Sehat

Cara Alami Mengecilkan Perut

Memiliki perut yang datar bisa jadi impian banyak orang, namun tak semua memilikinya. Ini bisa disebabkan karena mereka memiliki pola makan yang salah selama bertahun-tahun ditambah malas berolah raga. Cara mengecilkan perut bisa dilakukan secara alami dengan diet sehat, yaitu mengatur pola makan sehat. Ini bisa jadi hal yang sulit, tapi jika ada kemauan pasti akan mendapatkan hasilnya. Berikut ini cara alami mengecilkan perut dengan menerapkan diet sehat.

1. Jangan Makan Apapun Dua Sampai 3 Jam Sebelum Tidur

Makan Malam Sebelum TidurTubuh kita akan menurun aktivitasnya saat tidur, begitu juga pada sistem pencernaan. Jika kita makan sebelum tidur maka sistem pencernaan tidak bisa mengolahnya dengan baik. Kita juga cenderung tidak terlalu aktif di malam hari, itu berarti tubuh kita akan menyimpat kalori yang dimakan sebagai lebih daripada membakarnya sebagai energi. Jadi coba untuk tidak makan apapun dua sampai tiga jam sebelum tidur. Kita bisa mengikuti “daylight diet” yaitu makan hanya saat siang/tampak matahari.

2. Memakan Makanan yang Sehat

Makan makanan yang sehat sesungguhnya memang harus dilakukan bagi setiap orang yang ingin hidup sehat tak hanya yang ingin mengecilkan perut saja. Apa itu makanan sehat? Makanan sehat mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh kita, misalnya buah-buahan, sayuran, gandum, dan lain-lain. Kita juga membutuhkan protein dan lemak, namun perlu mencari sumber yang sehat seperti daging tanpa lemak dan dengan jumlah yang sesuai. Berikut ini beberapa langkah untuk menerapkan makan makanan yang sehat.

  • Makan banyak protein
  • Makan gandum utuh
  • Makan produk susu rendah lemak
  • Makan lemak yang sehat
  • Mengurangi konsumsi sodium

3. Mengurangi Jumlah Makanan

mengurangi makanSetiap orang memiliki metabolisme yang berbeda, namun jika perut sudah membesar/membuncit maka biasanya jumlah makanan yang dimakan berlebihan. Jadi cara alami mengecilkan perut salah satunya adalah dengan mengurangi jumlah makanan. Tak hanya makan makanan tak sehat, makan makanan sehat terlalu banyak juga tidak baik bagi tubuh. Inilah cara untuk mengurangi jumlah makanan setiap hari:

  • Gunakan piring yang lebih kecil atau tempatkan makanan hanya setengah piring saja.
  • Coba mengunyah dengan lebih lama saat makan.
  • Ambil jeda antara setiap gigitan saat makan.
  • Kacang dan biji-bijian merupakan cemilan yang baik untuk membuat perut terasa penuh.

4. Mengurangi Konsumsi Gula Sebisa Mungkin

Mengurangi Konsumsi GulaGula yang terlalu banyak tidak baik bagi tubuh, begitu juga bagi berat badan dan perut buncit. Jadi kurangi konsumsi gula sehari-hari. Misalnya kurangi porsi gula saat membuat minuman seperti teh. Makanan manis yang banyak mengandung gula juga perlu dikurangi misalnya roti, cake, biskuit, dan lain-lain. Gunakan pemanis buatan dengan berhati-hati, pemanis itu bisa mengurangi asupan kalori namun dapat menyebabkan perasaan lapar.

5. Makan Sedikit dengan Frekuensi yang Lebih

Frekuensi MakanJika biasanya makan sehari 3 kali dengan porsi penuh maka bisa mengubah pola makan tersebut dengan porsi yang sedikit tapi lebih dari 3 kali. Misalnya makan 5 kali dalam sehari, namun dengan porsi yang sedikit, tidak harus semuanya nasi. Jadi saat diet jangan malah tidak makan sepanjang hari, tetap makan makanan sehat dengan  asupan yang seimbang.

6. Minum Banyak Air

minum air putihCara alami mengecilkan perut yang satu ini cukup sedehana, yaitu minum air bening. Air bening lebih sehat daripada air minum yang memiliki rasa, terutama soda dan minuman dengan gula. Siapkan botol dengan isi air bening untuk dibawa pergi menemani akivitas kita sehari-hari.

Beritahukan Ke Teman-Teman Anda

Artikel Lainnya

Cara Menurunkan Berat Badan Golongan Darah O, A, B... Istilah blood type diet atau lebih dikenalnya lagi dengan sebutan diet golongan darah adalah cara diet yang di aplikasikan berdasarkan golongan darah ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *